Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana?

Diposting pada

Dear Readers,

Membuat sebuah Pidato merupakan tantangan sekaligus momok bagi para pelajar, terlebih lagi bila dituliskan dan disampaikan dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan menjadi semakin parah dengan ditambahnya rasa gugup sewaktu berada di atas panggung terlebih lagi bagi kalian yang jarang sekali bicara di muka umum. Pasti rasanya itu sulit untuk diungkapkan, ya kan? 😛 Keringat jagung mengucur bak derasnya air terjun Angel Falls di Venezuela. Jantung yang berdebar, kata-kata yang terbatah-batah dan dada ini mulai sesak untuk bernafas ketika melihat audience yang begitu padat dan ramai seperti konser musik Rock gratis di Gelora Bung Karno.

PustakaBahasaInggris.com – Lalu bagaimana meminimalisir rasa yang sulit untuk diungkapkan tersebut, kak?
Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana?

Langsung saja kita simak bersama ya…

Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana?

Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana?


Sebuah pidato biasanya dan pada umumnya dibawakan pada acara tertentu.

Misalnya:

  • Hari Kemerdekaan,
  • Hari Ibu,
  • Hari Pendidikan,
  • Perpisahan Siswa,
  • dan masih banyak lagi.

Langkah Membuat Pidato Bahasa Inggris

Oleh sebab itu langkah pertama adalah menentukan Tema Pidato yang cocok dalam acara tersebut. Setelah langkah dalam membuat Tema didapat, selanjutnya kalian harus tahu siapa saja audience (pendengar/ penonton) yang akan hadir. Hal ini sangat penting karena sebuah Pidato harus disesuaikan dengan kondisi pendengar/ penontonnya.

Ingat ya guys, 2 langkah diatas harus kalian laksanakan terlebih dahulu sebelum kalian lebih jauh menulis atau membuat sebuah Pidato.

Berikutnya adalah 5 langkah dalam membuat Pidato Bahasa Inggris dengan mudah.

1. Membuat kerangka pidato

Sebuah Pidato Bahasa Inggris yang baik memiliki kerangka yang jelas. Yaitu:

  1. Opening/ Pembukaan
  2. Body/ Isi
  3. Closing/ Penutup

Berikut ini adalah penjelasan dari 3 hal di atas:

Opening/ Pembukaan

Ingat guys, 30 detik pertama dari Pidato Bahasa Inggris adalah moment yang sangat penting. Apa yang harus kalian lakukan pada 30 detik pertama di atas panggung? Kalian harus merebut perhatian audience/ penonton, dan mengajak ketertarikan serta konsentrasi mereka pada apa yang akan kalian katakan dalam Pidato Bahasa Inggris yang sudah kalian buat. Bagaimana caranya, kak? Hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara. Misalnya kalian bisa memunculkan sebuah pertanyaan provokatif, membuat pernyataan menarik atau kontroversial, menceritakan sebuah kutipan yang relevan atau bahkan menceritakan sebuah cerita lucu. Ketika kalian telah mendapatkan perhatian audience/ penonton, kalian beralih ke bagian isi dari Pidato Bahasa Inggris kalian.

Body/ Isi

Isi Pidato Bahasa Inggris akan selalu menjadi bagian terbesar. Pada bagian ini, audience/ penonton akan diperkenalkan oleh kalian tentang persoalan atau permasalahan yang diangkat dan diharapkan akan siap mendengarkan pendapat-pendapat serta pemikiran-pemikiran kalian tentang persoalan atau permasalahan tersebut yang ada pada Pidato Bahasa Inggris kalian masing-masing.

Bagaimana cara menyusun bagian isi ini, kak? Cara terbaik dalam menyusun bagian isi dari sebuah Pidato Bahasa Inggris adalah dengan menyusun poin-poin permasalahan yang akan disampaikan. Poin-poin tersebut bisa berupa poin pengenalan permasalahan, poin pendapat tentang permasalahan, atau pun poin tentang penyelesaian permasalahan tersebut. Poin-poin tersebut harus disusun dengan rapi sehingga antara poin yang satu dengan poin yang lain bisa saling terhubung walaupun berbeda paragraf. Hal ini juga akan memberikan kesan perubahan yang lebih logis dari Pidato Bahasa Inggris kalian, dan hasilnya audience/ penonton akan lebih mudah mendengarkan dan mencerna poin-poin yang kalian sampaikan secara sistematis tersebut.

Dalam bagian Isi ini ada hal yang harus kalian hindari, yaitu adalah: memberikan audience/ penonton dengan poin-poin permasalahan yang banyak. Saran saya adalah akan lebih baik jika kalian membuat poin permasalahan yang sedikit dari pada membuat poin permasalahan yang banyak. Karena hal ini akan membuat kalian kebingungan untuk menyampaikan sewaktu di atas panggung dan yang paling fatal adalah durasi waktu, akan memakan lebih banyak dari yang sudah ditargetkan.

Closing/ Penutup

Tak ubahnya seperti pembukaan, penutup dari Pidato Bahasa Inggris kalian haruslah mengandung beberapa materi yang kuat. Kalian harus melihat dan menggali potensi yang ada pada bagian penutup Pidato Bahasa Inggris kalian sebagai sebuah kesempatan. Kesempatan untuk:

  • Memberikan kesimpulan dari persoalan/ permasalahan yang ada.
  • Memberikan beberapa pemikiran/ pandangan kepada audience/ penonton.
  • Meninggalkan beberapa memori positif kepada audience/ penonton.
  • Mengucapkan salam akhir dan terima kasih serta permintaan maaf, karena sejatinya kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala kekurangan.

2. Membuat Outline Pidato Bahasa Inggris

Outline merupakan teknik pre-draf yang populer ketika menulis Pidato Bahasa Inggris dan merupakan salah satu yang biasanya direkomendasikan untuk para penulis. Sebuah outline merupakan representasi dari isi pidato kalian. Kalian bisa bayangkan, outline itu seperti kerangka tulang yang akan ditambahkan daging ketika kalian membuat sebuah Pidato Bahasa Inggris.

Saya akan memberikan contoh bagaimana membuat outline Pidato Bahasa Inggris.
Perhatikan dan simak contoh di bawah ini:

Tema dalam Pidato Bahasa Inggris saya adalah tentang “Pendidikan”.

  1. Pembukaan
  2. Isi
  3. Penutup

Setelah membuat kerangka Pidato Bahasa Inggris seperti di atas, kita tambahkan beberapa poin-poin sehingga menjadi outline dari sebuah Pidato Bahasa Inggris seperti di bawah ini:

1. Pembukaan

  • Salam
  • Sapaan
  • Puji Syukur
  • Pengenalan

2. Isi

  • Kondisi pendidikan nasional di negara kita
  • Peringkat pendidikan nasional di negara kita.
  • Usaha pemerintah untuk meningkatkan stadar pendidikan di negara kita.
  • Usaha yang harus kita lakukan sebagai seorang siswa.

3. Penutup

  • Kesimpulan
  • Ucapan terimkasih
  • Salam

3. Membuat Draft (Garis Besar) Pidato

Sekarang adalah saatnya menambahkan daging ke outline dan membuat draf pertama dari Pidato Bahasa Inggris. Sebelum kalian mulai, catat! bahwa draft hanyalah sebuah draft. Draft yang kalian buat sekarang bukanlah akhir dari sebuah draf akhir yang kalian buat dalam Pidato Bahasa Inggris kalian. Artinya draf ini hidup dan fleksibel, bisa kalian rubah untuk ditambahkan atau dikurangkan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Outline yang kalian buat pada langkah ke dua akan disajikan sebagai dasar dari pembuatan draft pada bagian ini. Saya akan mengambil setiap unsur dari outline di atas dan menggunakan pemikiran kreatif untuk mengembangkan unsur-unsur outline tersebut.

Catatan:

Tidak ada istilah benar atau salah pada pengembangan outline menjadi draft. Jadilah diri kalian sendiri, gunakan suara kalian sendiri, dan ingatlah, kalian masih bisa mengubah semua tulisan dan melakukan improvisasi. Yang terpenting sekarang adalah membangun draft pertama pada Pidato Bahasa Inggris kalian.

Saya akan ambil beberapa contoh dari outline di atas.

Outline: Salam
Draft: “Asslamualaikum wr. wb. Good Morning”

Outline: Sapaan
Draft: “The honorable, the principal of State Senior High School 1, Jakarta, all of the teachers and the administrative staffs of State Senior High School 1, Jakarta and all of my beloved friends.”

Outline: Puji Syukur
Draft: “Before I start to give a speech today, I would like to invite you to say thanks to God who has given each of us Mercy and Blessing, so we can meet together in this blessing day in our wonderful place. And I also deliver sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW, who has brought us from the darkness to the brightness, so we are always in the right way.”

Catatan:

  • Jika kalian nonmuslim, kalian bisa menghilangkan kalimat ini “And I also deliver sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW, who has brought us from the darkness to the brightness, so we are always in the right way.

Outline: Pengenalan
Draft : “It will be a great honor for me, to stand right here at the stage in front of you to give a speech about education by title – What’s going on with our education? – in this National Education Day or HARDIKNAS.”


4. Mendapatkan Feedback (Masukan) Untuk Pidato Kalian

Setelah berhasil membuat draft dari sebuah pidato Pidato Bahasa Inggris seperti yang kalian buat di atas. Langkah selanjutnya adalah kalian harus mendapatkan feedback (masukan) dari orang di sekeliling kalian yang dianggap netral dan mumpuni dalam membuat dan menulis Pidato Bahasa Inggris, seperti guru Bahasa Inggris di sekolah misalnya.

Bagian ini merupakan langkah tak ternilai yang akan memperkaya Pidato Bahasa Inggris kalian dan secara nyata akan menyelamatkan kalian dari banyak kasus kontroversial. Karena tidak semua audience/ penonton akan setuju dengan apa yang kalian sampaikan di dalam Pidato Bahasa Inggris kalian. Langkah ini dimaksudkan untuk mempelajari masalah-masalah yang ada pada Pidato Bahasa Inggris kalian sebelum disampaikan di depan umum.

Contoh-contoh feedback (masukan) yang harus kalian temukan:

  • Isi yang kurang atau bahkan tidak tepat.
  • Masalah tata bahasa (pronunciation, structure, grammar)
  • Ketepatan penggunaan gaya bahasa.

5. Langkah Akhir

Sebagai langkah pamungkas dalam pembuatan sebuah Pidato Bahasa Inggris, kalian bisa langsung menuliskan draft-draft yang kalian buat sebelumnya. Tentunya ditulis seperti menulis sebuah Pidato pada umumnya. Dan ingat…ingat! tulis draft-draft tersebut setelah kalian melakukan penyempurnaan sebelumnya setelah mendapatkan feedback (masukan) dari guru, teman, atau keluarga kalian.

Demikian Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana? semoga artikel ini bermanfaat dan bisa kalian terapkan dam membuat sebuah Pidato Bahasa Inggris.

Good Luck! 😀

Pelajari Materi Bahasa Inggris tentang PIDATO di sini:

Vote your voice for better articles

Bagaimana Cara Membuat Pidato Bahasa Inggris Yang Singkat, Mudah dan Sederhana?
5 (100%) 1 vote[s]


Best regards: PustakaBahasaInggris.com