Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran “at the Restaurant Conversations”

Posted on

Dear Readers,

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya. Di Indonesia, rumah makan juga biasa disebut dengan istilah restoran. Restoran merupakan kata resapan yang berasal dari bahasa Perancis yang diadaptasi oleh bahasa inggris; “restaurant” yang berasal dari kata “restaurer” yang berarti “memulihkan”.

Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran “at the Restaurant Conversations”


Klasifikasi Restoran

Berikut ini adalah klasifikasi restoran atau rumah makan menjadi beberapa tipe, antara lain:

A’la Carte Restaurant: adalah restoran yang mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi di mana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Tiap-tiap makanan di dalam restoran ini memiliki harga sendiri-sendiri.

Table D ‘hote Restaurant: adalah suatu restoran yang khusus menjual menu table d’hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditentukan pula.

Coffee Shop: adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat di mana tamu biasanya berhubungan dengan hotel, suatu tempat di mana tamu biasa mendapatkan makan pagi. makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya sistem pelayanannya adalah dengan American service di mana yang diutamakan adalah kecepatannya. Ready on plate service, artinya makanan sudah diatur dan disiapkan diatas piring. Kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara buffet atau prasmanan.

Cafetaria atau Cafe: adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman beralkohol.

Canteen: adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, dan sekolah, tempat di mana para pekerja atau pelajar biasa mendapatkan makan siang atau coffee break, yaitu acara minum kopi disertai makanan kecil atau selingan jam kerja, jam belajar atau pun dalam acara rapat-rapat dan seminar.

Continental Restaurant: suatu restoran yang menitik beratkan hidangan continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah. Suasana nya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai.

Carvery: adalah suatu restoran yang berhubungan dengan hotel di mana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.

Dining Room: terdapat di hotel kecil, motel atau inn. merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis daripada tempat makan biasa. Dining room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun yang terbuka bagi para tamu dari luar.

Discotheque: ialah suatu restoran yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik. Kadang-kadang juga menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah discotheque. Hidangan yang tersedia umumnya berupa snack.

Fish and Chip Shop: ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, di mana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi . Jadi makanannya tidak dinikmati di tempat itu.

Grill Room (Rotisserie): adalah suatu restoran yang menyediakan bermacam-macam daging panggang. Pada umumnya antara restoran dengan dapur dibatasi dengan sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya. Grill room kadang-kadang disebut juga sebagai steak house.

Inn Tavern: ialah suatu restoran dengan harga cukupan yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasana nya dibuat dekat dan ramah, dengan tamu-tamu. Sedangkan hidangannya lezat-lezat.

Night Club/Super Club: adalah suatu restoran yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu-tamu yang ingin santai. Dekorasi nya mewah, pelayanannya megah. Band merupakan kelengkapan yang diperlukan. Para tamu dituntut berpakaian resmi dan rapi sehingga menaikkan gengsi.

Pizzeria: adalah suatu restoran yang khusus menjual pizza. Kadang-kadang juga ada spaghetty atau makanan khas Italia lainnya.

Pan Cake House/Creperie: adalah restoran yang khusus menjual pan cake dan crepe yang diisi dengan berbagai macam manisan didalamnya.

Pub: pada mulanya merupakan tempat hiburan umum yang mendapat izin menjual minuman bir serta minuman beralkohol lainnya. Para tamu mendapatkan minumannya dari counter (meja panjang yang membatasi dua ruangan). Pengunjung dapat menikmati sambil duduk atau berdiri. Hidangan yang tersedia berupa snack seperti pies dan sandwich. Sekarang kita bisa mendapatkan banyak hidangan pengganti di pub.

Snack Bar/Coffee/Milk Bar: adalah semacam restoran cukupan yang sifatnya tidak resmi dengan pelayanan cepat di mana para tamu mengumpulkan makanan mereka diatas baki yang diambil dari atas counter dan kemudian membawanya kemeja makan. Para tamu bebas memilih makanan yang disukainya. Makanan yang disediakan biasanya adalah hamburger, sandwich dan sausages.

Specialitiy Restaurant: adalah restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau tema nya. Restoran semacam ini menyediakan masakan Cina, Jepang, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tatacara negara tempat asal makanan spesial itu.

Terrace Restaurant: adalah suatu restoran yang terletak di luar bangunan, namun pada umumnya masih berhubungan dengan hotel maupun restoran induk. Di negara-negara barat pada umumnya restoran tersebut hanya buka pada waktu musim panas saja.

Gourmet Restoran: ialah suatu restoran yang menyelenggarakan pelayanan makan dan minum untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang rasa makanan dan minuman. Keistimewaan restoran ini ialah makanan dan minumannya yang lezat-lezat, pelayanannya megah dan harganya cukup mahal.

Family Type Restaurant: ialah suatu restoran sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan.

Main Dining Room: ialah suatu restoran atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat di hotel-hotel besar. di mana penyajian makanannya secara resmi, pelan tapi masih terikat oleh suatu peraturan yang ketat. Servis nya biasa menggunakan pelayanan ala Perancis atau Rusia. Tamu-tamu yang hadir pun pada umumnya berpakaian resmi atau formal.

PustakaBahasaInggris.com – Artikel ini akan membantu anda untuk memahami dan membuat percakapan di restoran dengan menggunakan kosa kata yang sesuai dan menggunakan kalimat bahasa Inggris.

Check this one out!

Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran "at the Restaurant Conversations"

Dialog 1

Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran

Situation: Lucy and Jane invite Sarah to join them for lunch at a Korean restaurant.
Situasi: Lucy dan Jane mengundang Sarah untuk bergabung dengan mereka untuk makan siang di sebuah restoran Korea.

Lucy: Hi, Sarah.
Lucy: Hi, Sarah.

Sarah: Hi, Lucy.
Lucy: Hi, Sarah.

Lucy: Jane and I are getting together for lunch. Do you want to come with us?
Lucy: Jane dan saya akan pergi bersama-sama untuk makan siang. Apakah kamu ingin ikut dengan kami?

Sarah: Yeah, that would be nice. Where are you taking me?
Sarah: Ya, itu akan menyenangkan. Kemana kamu akan membawa ku?

Jane: Someplace you’ve never been before. A Korean restaurant named Jinjuu.
Jane: Beberapa tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Sebuah restoran Korea bernama Jinjuu.

Sarah: Fantastic! I’ve always wanted to try Korean food. Have you tried Korean food?
Sarah: Menakjubkan! Aku selalu ingin mencoba makanan Korea. Apakah kalian pernah mencoba makanan Korea?

Lucy: I’ve eaten out at several Korean restaurants before but I think Jinjuu offers something new.
Lucy: Aku sudah makan di beberapa restoran Korea sebelum tapi saya pikir Jinjuu menawarkan sesuatu yang baru.

Sarah: Really? What is it?
Sarah: Benarkah? Apa itu?

Lucy: It serves traditional Korean street food such as kimchi fries, pajeon pancakes and Korean fried chicken with mixed Korean and English styles.
Lucy: Restoran itu melayani makanan tradisional kuliner Korea seperti kentang goreng kimchi, pajeon pancake dan ayam goreng campuran dalam gaya Korea dan Inggris.

Sarah: Yum! You are making me hungry. What’s the specialty?
Sarah: Yum! kalian membuat saya lapar. Apa yang istimewa?

Lucy: The signature menu is Jinjuu Chicken or Korean Fried Chicken.
Lucy: Menu khususnya adalah Jinjuu Chicken atau Ayam Goreng Korea.

Jane: Do you know celebrity chef Judy Joo? She’s the owner of the restaurant.
Jane: Apakah kamu tahu koki selebriti Judy Joo? Dia adalah pemilik restoran.

Sarah: I see. What about the price?
Sarah: Aku tahu. Bagaimana dengan harganya?

Lucy: I don’t know. I didn’t find pricing information on their website.
Lucy: Aku tidak tahu. Aku tidak menemukan informasi harga di situs web mereka.

Sarah: I thought you had eaten out at the restaurant before.
Sarah: Aku pikir kalian telah makan keluar di restoran sebelumnya.

Lucy: No, I haven’t. Don’t worry. It’s my treat.
Lucy: Tidak, aku belum pernah. Jangan khawatir. Aku yang traktir.

Sarah: Well, have you made a reservation?
Sarah: Baiklah, apakah kalian telah membuat pemesanan?

Lucy: Yes. I’ve booked a table for three.
Lucy: Ya. Aku sudah memesan meja untuk tiga orang.

Sarah: Great! Let’s go now, shall we?
Sarah: Bagus! Mari kita pergi sekarang, ayo?


Pembahasan Materi

Dari situasi di atas, anda dapat memahami bagaimana membuat percakapan di restoran dan mengundang seseorang untuk makan siang bersama. Berikut ini adalah kalimat yang sering muncul pada saat anda mengalami situasi ini:

Pada saat anda akan melakukan sebuah percakapan ada baik nya anda simak terlebih dahulu mengenai 3 aspek berikut ini.

1. Opening/ Greeting: ucapan salam merupakan langkah awal untuk memulai suatu percakapan. Hal ini sering sekali dilakukan setiap harinya. Namun terkadang masing-masing diantara kita sering sekali lupa menempatkan diri di dalam sebuah situasi, karena di dalam tahap awal ini, ucapan salam dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

  • ucapan salam untuk situasi yang Resmi atau Formal : good morning, good afternoon, good evening
  • ucapan salam untuk situasi yang Tidak Resmi atau Non-formal: hi, hello

2. Body/ Main Idea: ide pokok merupakan bagian inti dari sebuah percakapan dimana pada tahap ini akan berbeda di dalam setiap situasinya. This step is defferent in each situation depend on the topic it self.


3. Closing/ Leave Taking: salam pisah adalah langkah terakhir di dalam setiap kali percakapan karena di dalam kehidupan yang kita alami, dimana ada awal pasti ada akhir, dimana ada pertemuan pasti pula akan ada perpisahan. Hal ini merupakan sesuatu yang tak terbantahkan karena yang dipelajari di dalam kehidupan, bahwa tidak ada sesuatu hal yang sempurna di dunia ini. Pada saat kita ucapkan salam pisah, pada saat itu pula semuanya berakhir. Berikut adalah contoh salam pisah/ Leave Taking:

  • nice to meet you
  • see you
  • good bye
  • thanks
  • thank you

Berikut ini adalah kosa kata yang bisa di gunakan pada saat anda melakukan percakapan di restoran:

  • pancake: a thin, flat cake of batter, usually fried and turned in a pan. (noun)
  • fried chicken: chicken is cooked (food) in hot fat or oil, typically in a shallow pan. (noun)
  • specialty: a pursuit, particular menu of food, especially great or intense. (adjective)
  • chef: a professional cook, typically the chief cook in a restaurant or hotel. (noun)
  • treat: an event or item that is out of the ordinary and gives great pleasure. (noun)
  • reservation: a qualification to an expression of agreement or approval (noun)

Jika anda ingin mengajak “INVITATION” seseorang untuk pergi bersama anda ke Restoran, anda dapat menggunakan contoh kalimat di bawah ini:

  • Would you like to go out to dinner with us?
  • I am going to have lunch, do you want to join me?
  • Jane and I are getting together for lunch. Do you want to come with us?
  • I will invite you to come to dinner with my family.

Jika anda ingin menggunakan kalimat “INVITATION” pastikan anda menggunakan dengan bentuk waktu “FUTURE” karena logikanya undangan yang anda buat adalah untuk kejadian yang akan datang.


Opining/ Greeting

Lucy: Hi, Sarah.

Sarah: Hi, Lucy.


Body/ Main Idea

Lucy: Jane and I are getting together for lunch. Do you want to come with us?

Sarah: Yeah, that would be nice. Where are you taking me?

Jane: Someplace you’ve never been before. A Korean restaurant named Jinjuu.

Sarah: Fantastic! I’ve always wanted to try Korean food. Have you tried Korean food?

Lucy: I’ve eaten out at several Korean restaurants before but I think Jinjuu offers something new.

Sarah: Really? What is it?

Lucy: It serves traditional Korean street food such as kimchi fries, pajeon pancakes and Korean fried chicken with mixed Korean and English styles.

Sarah: Yum! You are making me hungry. What’s the specialty?

Lucy: The signature menu is Jinjuu Chicken or Korean Fried Chicken.

Jane: Do you know celebrity chef Judy Joo? She’s the owner of the restaurant.

Sarah: I see. What about the price?

Lucy: I don’t know. I didn’t find pricing information on their website.

Sarah: I thought you had eaten out at the restaurant before.

Lucy: No, I haven’t. Don’t worry. It’s my treat.

Sarah: Well, have you made a reservation?

Lucy: Yes. I’ve booked a table for three.


Closing/ Leave Taking

Sarah: Great! Let’s go now, shall we?


Dialog 2

Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran Korea

Situation: Lucy, Jane, and Sarah are having lunch at a Korean restaurant. They want to order dessert and then pay the bill.

Lucy: Excuse me. Can you come here when you have a second?

Waiter: Sorry to keep you waiting. Did you enjoy your meal?

Lucy: That was lovely! Thank you.

Waiter: Would you like to see the menu again for dessert?

Lucy: Well, now, what do you recommend?

Waiter: Well, we have hoppang and snickers hotteok for our specials.

Jane: What exactly are snickers hotteok?

Waiter: It’s a flat Korean doughnut stuffed with salted caramel and roasted peanuts.

Sarah: Hmm…it sounds delicious! Please, bring me one.

Lucy: Bring us three, please.

Waiter: Would you like coffee or tea with your dessert?

Lucy: I’d like some coffee.

Jane: I’d like tea.

Sarah: I’d like coffee with cream.

Waiter: OK. Your order will be served soon.

(a few minutes later)

Waiter: Here’s your food. Enjoy.

Lucy: Oh, waiter! Could we also have the bill, please?

Waiter: Certainly. I’ll bring you the bill. Alright, your total is £85.

Lucy: Here you are. Keep the change.

Waiter: Thank you. Have a nice day.

Lucy: Thank you, same to you.


Eating Out Conversation Exercises

Eating out conversation exercises for you to do. Make sure that you understand the conversations from above and key vocabulary items before starting them.

Exercise – Fill in the Blanks

Eating out the conversation you need to read the following conversation and then chose the best option (A-D) in each question to fill in the blanks from the conversation.

Situation: Dolph and Sarah have dinner at a restaurant near their campus.

Waiter: Welcome to our restaurant. My name’s Andy. I’ll be __________(1)__________. Table for two?

Dolph: Yes, a table for two.

Waiter: Would you __________(2)__________? Will this table be all right?

Dolph: Is the table by the window reserved?

Waiter: No, sir. You can have it.

Dolph: Great. We can enjoy the city view while eating.

Waiter: Yes. Here’s the menu. I’ll be right back.

(a few minutes later)

Waiter: OK. Are you __________(3)__________?

Dolph: Yes.

Waiter: Can I start you off __________(4)__________?

Dolph: I’ll have iced tea, please.

Sarah: And I’ll have lemonade.

Dolph: I think we’re ready. I’ll have the tomato soup to start, and the roast beef with mashed potatoes and peas.

Waiter: How do you want the beef – rare, medium, or well done?

Dolph: Well done, please.

Sarah: And __________(5)___________, with potatoes and a salad.

Waiter: Anything else?

Sarah: Could we have some water, please?

Waiter: Certainly. Is that all?

Sarah: That’s all.

Waiter: I’ll be back shortly.

(a few minutes later)

Waiter: Here’s your order.

Dolph: Thank you!

Waiter: Enjoy your meal.


Choose the best option (A-D) in the following five questions to fill in the blanks in the eating out conversation given above.

1) Which option is the best to fill in the first blank?
A) your chef this evening
B) your server this evening
C) cooking for you this evening
D) waiting for you this evening

2) Which option is the best to fill in the second blank?
A) pay the bill, please
B) be careful, please
C) pass the salt, please
D) come this way, please

3) Which option is the best to fill in the third blank?
A) waiting for someone
B) like to see a menu
C) ready to order
D) like your steak

4) Which option is the best to fill in the fourth blank?
A) with something to drink
B) with some appetizers
C) to order
D) seeing the menu

5) Which option is the best to fill in the fifth blank?
A) I’d like an espresso
B) I’ll just have the fish
C) please make sure it’s well done
D) I’d like to take the rest


Simak Materi Listening di bawah ini tentang Ordering Food:

Pelajari beberapa contoh Percakapan di bawah ini untuk melengkapi koleksi kalian tentang INVITATION:

Untuk Materi Listening tentang INVITATION, kalian bisa pelajari di sini:

Semoga contoh dialog di atas dapat membatu kalian merangkai kata dan membuat sebuah dialog Bahasa Inggris dengan kalimat dan situasi kalian masing-masing. Tetap semangat belajar! Good Luck.

Vote your voice for better articles

Dialog Bahasa Inggris 3 Orang di Restoran “at the Restaurant Conversations”
5 (100%) 1 vote


Best regards: PustakaBahasaInggris.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *