Contoh Discussion Text Lengkap dengan Pengertian dan Pembahasan Materi

Posted on

Dear Readers,

Pernahkah kalian berdiskusi, guys?

Pastinya berdiskusi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada, bukan sebaliknya malah memperkeruh keadaan. Dalam sebuah diskusi pastinya akan ada suara positif dan negatif. Nah… ini lah pentingnya diskusi, duduk bareng dan ngopi bareng untuk mencari solusi jalan tengah demi kebaikan bersama dalam kata mufakat.

Situasi di atas mengispirasi saya untuk membahas tentang Discussion Text.

Simak informasi apa yang akan saya berikan dalam bacaan ini.

PustakaBahasaInggris.com – artikel hari ini berisi tentang Contoh Discussion Text Lengkap dengan Pengertian dan Pembahasan Materi. Temukan materi terkait penjelasan di bawah ini!

Contoh Discussion Text Lengkap dengan Pengertian dan Pembahasan Materi

Contoh Discussion Text Lengkap dengan Pengertian dan Pembahasan Materi

 


Discussion Text

Secara sederhana Discussion Text merupakan sebuah teks yang mempunyai dua kategori pemikiran yaitu pro atau sependapat dan kontra atau tidak sependapat. Kedua sudut pandang tersebut dibahas dan kemudian dicari bagaimana kesimpulan yang terbaik.


Latar Belakang Discussion Text

Discussion Text dibuat sebagai jembatan penengah atau solusi. Sehingga, penulis maupun pembaca teks tidak memandang suatu persoalan dari satu sisi saja, namun bisa dari sisi yang berbeda serta selanjutnya menemukan solusi, kesimpulan, dan rekomendasi yang paling tepat atas persoalan yang dibahas.


Pengertian Discussion Text

Discussion Text is “a text which presents a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. A discussion is commonly found in a philosophical, historical, and social text.”

Dari pengertian diatas bisa dipahami bahwa Discussion Text adalah Sebuah teks yang berisi sebuah diskusi atau berdebatan (wacana) dalam skala besar sehingga menimbulkan pro dan kontra pada amasyarakat dan orang banyak.


Tujuan Discussion Text

Discussion Text bertujuan untuk menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para ahli dalam bidangnya berdasarkan fakta yang ada dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra). Sehingga bisa disimpulkan bahwa penulis membuat teks tersebut berdasarkan wacana yang berada dalam masyarakat.


Struktur Discussion Text

1. Issue

Pada bagian ini biasanya terletak di awal paragraf yang berisi penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan/diperdebatkan.

2. Supporting Points

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang mendukung isu (Pro). Di setiap paragraf Supporting Point terdiri dari dua komponen diantaranya adalah ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf tersebut.

3. Contrasting Points

Dalam bagian ini, penulis menghadirkan pendapat yang menentang isu atau permasalahan (Kontra). Seperti dalam paragraf Supporting Point, Contrasting Points juga menghadirkan dua komponen pembentuk yaitu ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian ari ide pokok paragraf tersebut.

4. Conclusion or Recommendation

Dalam bagian ini penulis menghadirkan kesimpulan atau bisa juga rekomendasikan dari isu/wacana atau permasalahan yang telah didiskusikan.


Ciri Kebahasaan / Language feature Discussion Text

Ketika membuat discussion text, penulis harus memperhatikan penggunaan bahasa yang biasa diterapkan, seperti:

  1. Using simple present tense
  2. Using modal, such as (must, should, would, may, etc.)
  3. Using additive, contrastive, dan casual connection (however, furthermore, on the other hand, moreover, in addition, but, nevertheless, etc.)

Contoh Discussion Text

The Advantage and Disadvantage of Nuclear Power

Issue

Nuclear power is a kind power supply that is generated by using uranium which is a metal mined in various part of the world. Nuclear power becomes the answer to produce clean and efficient energy that will make this world better. However, not all people agree with that. Some of them believe that nuclear power supply is dangerous. Pro-contra of building nuclear power supply becomes a major topic to discuss among society.

Supporting Points

Nuclear power produces around 11% of the world’s energy needed and produces huge amounts of energy. It causes no pollution as we would get when burning fossil fuels. The advantages of a nuclear plant are as follow:

  • It does not produce smoke or carbon dioxide, so it does not contribute to the greenhouse effect.
  • It produces huge amounts of energy from a small amount of uranium.
  • It produces a small amount of waste.
  • It is reliable.
Contrasting Points

On the other hand, nuclear power is very, very dangerous. If the nuclear power supply is leak off or blows up, the radiation can bring harm to any living being surrounding. Nuclear radiation is deadly which can make people physically defect. It must be sealed up and buried for many years to allow the radioactivity to die away. Furthermore, although it is reliable, a lot of money has to be spent on safety because if it does go wrong, a nuclear accident can be a major accident.

Conclusion or Recommendation

Nuclear power is a better alternative energy supply to replace fossil fuels energy supply. However, nuclear power is also dangerous if it is not built properly. In conclusion, nuclear power is the best answer to fulfill our needs for clean and efficient energy which is sustainable in the future. The government should make careful constructions and well maintain to make nuclear power save.


Terjemahan

Keuntungan dan Kerugian Tenaga Nuklir

Tenaga nuklir merupakan pembakit listrik yang dibangkitkan dengan menggunakan uranium yang merupakan sejenis logam yang bisa ditemukan di berbagai tempat di dunia. Tenaga nuklir menjadi jawaban untuk memproduksi energy yang bersih dan efisient yang akan membuat dunia ini lebih baik. Akan tetapi, tidak semua orang setuju dengan hal itu. Beberapa dari mereka percaya pembangkit listrik tenaga nuklir itu berbahaya. Pro-kontra pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi topik besar yang didiskusikan diantara masyarakat.

Tenaga nuklir memproduksi sekitar 11% tenaga yang dibutuhkan dunia dan menghasilkan total energi yang besar yang tidak menyebabkan polusi seperti yang akan kita dapatkan ketika membakar bahan bakar fosil. Keuntungan dari nuklir adalah sebagai berikut:

  • Tidak menghasilkan asap atau karbon dioksida, jadi tidak menyumbang efek rumah kaca.
  • Menghasilkan energi yang banyak dari sedikit uranium.
  • Menghasilkan sedikit pembuangan.
  • Bisa diandalkan.

Di sisi lain, tenaga nuklir sangatlah berbahaya. Jika pembangkin listrik tenaga nuklir tersebut bocor atau meledak, radiasinya bisa membawa ancaman bagi semua makhluk hidup disekelilingnya. Radiasi nuksli itu mematikan yang dapat membuat orang cacat. Nuklir harus di kunci dan di kubur untuk beberapa tahun untuk mematikan radioaktif-nya. Selanjutnya, walaupun tenaga nuklir bisa diwujudkan, banyak uang harus digunakan untuk keamanannya karena jika terjadi kesalahan, sebuah kecelakaan nuklir bisa menyebabkan kecelakaan yang besar.

Tenaga nuklir merupakan pembakit listrik alternative yang lebih baik untuk menggantikan pembangkit listrik tenaga fossil. Tetapi, tenaga nuklir juga berbahaya jika tidak dibangun dengan benar. Kesimpulannya, tenaga nuklir merupakan jawaban terbaik untuk memenuhi kebutuhan kita akan energi yang bersih dan efisient yang bisa berkelanjutan di masa depan. Pemerintah harus membangunya dengan hati-hati dan merawatnya dengan benar untuk membuat tenaga nuklir aman.


Semoga soal ini dapat menambah referensi kalian khususnya tentang Discussion Text.

Temukan contoh soal GRAMMAR lain di sini:

Contoh Soal TEXT di sini:

Vote your voice for better articles

Contoh Discussion Text Lengkap dengan Pengertian dan Pembahasan Materi
5 (100%) 1 vote


Best regards: PustakaBahasaInggris.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *