Materi Listening Bahasa Inggris tentang Descriptive Text of Animal “SPARK”

Diposting pada

Dear Listeners,

PustakaBahasaInggris.com – Artikel hari ini saya akan memberikan kalian Materi Listening Bahasa Inggris tentang Descriptive Text of Animal “SPARK”. Temukan materi Bahasa Inggris terkait dengan contoh Materi Listening Bahasa Inggris di bawah ini.

Materi Listening Bahasa Inggris tentang Descriptive Text of Animal "SPARK"
Materi Listening Bahasa Inggris tentang Descriptive Text of Animal “SPARK”

Materi Listening Bahasa Inggris tentang Descriptive Text of Animal “SPARK”


Pengertian Descriptive Text

Descriptive berarti deskripsi (gambaran). Jika kamu diminta untuk mendeskripsikan sebuah benda, itu artinya kamu harus menggambarkan benda yang dimaksud baik dari ukuran, warna dan lain-lain.

Descriptive text adalah: pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti.

Descriptive text adalah sebuah tulisan atau teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, atau pun benda mati seperti rumah, mobil computer, radio dan masih banyak lagi.


Tujuan Descriptive Text

Tujuan Descriptive Text adalah menggambarkan segala sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat yang melekat padanya seperti ukuran, jenis, warna, dan lain-lain, sehingga pembaca dapat mengetahui tentang seperti apa sesuatu itu dari gambaran yang kita sampaikan meskipun ia belum pernah melihatnya. Jadi seorang yang menerima informasi dari deskripsi itu dapat menggunakan imajinasi nya untuk menggambarkan tentang benda tersebut kedalam versi-nya masing-masing tetapi tetap dalam koridor informasi yang telah diberikan.


Generic Structure Descriptive Text

Descriptive text mempunyai aturan dan etika tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau susunan yang harus ditulis secara berurutan. Berikut adalah susunan di dalam membuat sebuah Descriptive Text:


1. Identification:

Paragraf pertama – adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan.

Indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya.

Tujuannya agar pembaca tidak salah alamat. Apabila ingin menggambarkan anjing misalnya, tapi pembaca mengiranya kucing. Nah itu sudah salah alamat namanya gan… ^_^


2. Description:

Paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu perkenalkan sebelumnya kepada pembaca di paragraf pertama.


Ciri-Ciri Descriptive Text

Ciri-ciri ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis Descriptive Text tidak salah dan mengalami kesulitan. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis descriptive text:


1. Menggunakan Simple Present Tense.

Kenapa menggunakan simple present tense? Hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Karena fungsi dari Simple Present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1) dan (to be) bantu kata kerja yaitu: is/ am/ are (bisa dilihat dalam penjelasan no-3).

Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat anjing kamu:

  • It loves meat very much. (verb-1)
  • It is wild. (to be)

2. Menggunakan kata sifat (adjective).

Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam Descriptive Text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti: fast, handsome, beautiful, tall, small, big, dan masih banyak lagi atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve, -ing, di belakangnya.

Contoh:

  • Create (membuat/ verb-1)
    >>> creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
  • Interest (menarik/verb-1)
    >>> interesting (sesuatu yang menarik)

3. Menggunakan bantu kata kerja (to be).

Dalam Descriptive Text kita juga akan sering menjumpai to be (bantu kata kerja) yaitu “is/ am/ are”. Is/ am/ are dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi Descriptive Text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menemukan bantu kata kerja tersebut. It is black (warnanya adalah hitam), It is dangerous (itu berbahaya).


Contoh Descriptive Text

Check this video out!

Setelah membaca artikel di atas jangan berhenti untuk terus Practice/ Latihan karena dengan sesering anda latihan maka sesering juga pengalaman dan ilmu yang akan anda dapat. Jangan pernah berhenti untuk belajar because life is learning for something.

Pelajari Dialog Bahasa Inggris tentang Descriptive Text di sini: